Projects

M-Class

2020 – Sekarang

Sebuah penyelenggaraan Webinar berbentuk diskusi daring, diprakarsai oleh Yayasan Dian Sastrowardoyo dan Magnifique PR Indonesia yang dilakukan secara berkala setiap bulan di kampus dan sekolah yang berbeda melalui aplikasi Zoom meeting.

Kegiatan ini mengusung semangat kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak dengan tujuan berbagi ilmu untuk para pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan. Sebagai bentuk support gerakan pemerintah belajar dan mengajar secara daring atau luring.

#HPbuatBelajar

November 2020 – Januari 2021

Sebuah kampanye bersama KitaBisa.com dalam rangka membantu para pelajar dapat mengikuti proses belajar mengajar secara daring.
Penggalangan dana ini bekerja sama dengan online media @Curhatbapakibu dan Ayladimitri. Bentuk penggalangan dana yaitu pembelian berupa gawai dan kuota internet yang diberikan kepada pelajar-pelajar di Sumba, NTT.

Rampok Plastik

2019

Kegiatan “rampok plastik” bekerjasama dengan Indonesia Diet Kantong
Plastik dan label tekstil Sejauh Mata Memandang. Dilaksanakan rutin sebulan sekali hari minggu di area car free day, di mana peserta menukar kantong plastik sekali pakai pengunjung dan menggantinya dengan kantong guna ulang.

Tujuan acara ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahayanya sampah plastik dan mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Untuk Sumba

Sejak 2017 – Sekarang

Program “Untuk Sumba”, sebuah apresiasi di bidang budaya, pendidikan dan pemberdayaan perempuan di Sumba Timur. YDS bekerjasama dengan beberapa pihak ikut berpartisipasi aktif dalam memperkenalkan budaya dan kain tenun Sumba Timur ke masyarakat luas, merenovasi rumah adat di desa Prainatang, Mondu, dan membangun akses air bersih.

Kegiatan yang dilakukan antara lain : Pameran foto, video dan instalasi kain tenun Sumba Timur bertajuk “Benang Yang Memberi Ruh, Kain Yang Memberi Hidup” di Plaza Indonesia selama bulan Agustus 2017 serta penggalangan dana melalui penjualan kain tenun, di mana hasilnya dipakai untuk untuk pembangunan infrastruktur air bersih dan renovasi rumah adat di desa Prainatang, Mondu, Sumba Timur (bekerja sama dengan Samsung, Plaza Indonesia dan komunitas penenun “Lukamba Nduma Luri”).

Pembangunan infrastuktur dan akses air bersih di daerah Pambotanjara, Wairinding Sumba Timur ( bekerjasama dengan Waterhouse Project-Yayasan Waterhouse Indonesia), serta pembangunan sumur dan akses air bersih di desa Lailanjang Sumba Timur melalu program #CeritaSumba (bekerjasama Waterhouse Project dan Bank BTPN melalui tabungan Jenius).

Kolaborasi film ‘Laut Bercerita’

2017 – 2018

Produksi dan pemutaran Film Pendek “Laut Bercerita”, sebuah kolaborasi seni di bidang film dan sastra. YDS bekerjasama dengan Cineria Films dan Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia memproduksi sebuah film pendek berdurasi 30 menit yang diangkat dari novel fiksi berjudul sama karya Leila S.Chudori. Film pendek tersebut berkisah tentang kehidupan Biru Laut, seorang aktivis yang dihilangkan serta keluarga dan sahabat yang mencari kebenaran.

Film Laut Bercerita disutradarai oleh Pritagita Arianegara dan dibintangi Reza Rahadian, Ayushita Nugraha, Dian Sastrowardoyo, Tio Pakusadewo, Aryani Willems, Tanta Ginting, Lukman Sardi, Haydar Salishz, Adjie N.A dan Ade Firman Hakim. Saat ini film Laut Bercerita diputar terbatas di berbagai kota, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Di antaranya : Film penutup di Plaza Indonesia Film Festival 2018, Ubud Writer Festival 2018, Frankfurt, Melbourne, Los Angeles Indonesia Film Festival 2019, dan lain-lain.

Beasiswa Dian

2015 – Sekarang

Program “Beasiswa Dian”, upaya memajukan pendidikan untuk perempuan di Indonesia. YDS memberikan beasiswa penuh untuk perempuan-perempuan muda dari keluarga kurang mampu untuk menyelesaikan pendidikan di jenjang sarjana.

Dalam pelaksanaannya, proses seleksi calon penerima beasiswa dilakukan YDS bekerjasama dengan Yayasan Hoshizora di Yogyakarta. Sampai tahun 2018, program beasiswa Dian telah memasuki angkatan ketiga dengan jumlah penerima beasiswa 19 orang, berasal dari daerah Jakarta, Ambon, Solo, Yogyakarta, Bantul, Sleman, Kulon Progo dan Gunung Kidul, kini 7 perempuan-perempuan muda sudah lulus dari beberapa universitas/pendidikan tinggi.

Tentang Perempuan

2011

Program “Tentang Perempuan”, sebuah apresiasi di bidang musik. YDS kerjasama dengan L’Oreal Indonesia menyelenggarakan konser musik dengan beberapa musisi perempuan, di mana hasil penggalangan dana disumbangkan untuk LSM di Yogyakarta dan Bali yang bergerak di bidang pemberdayaan perempuan.

Berbagi Buku Berbagi Ilmu

2009- 2010

Program “Berbagi Buku Berbagi Ilmu”, sebuah apresiasi untuk sastra Indonesia. YDS bekerjasama dengan program CSR Bank Permata membuat serangkaian kegiatan, antara lain : Pertunjukan teater dan dramatic reading di TIM sebagai Kick Off Event YDS dan Peluncuran buku “9 dari Nadira” karya Leila S. Chudori.
Penggalangan dana serta penyaluran 5000 buku untuk berbagai taman bacaan dan sekolah dasar di daerah Parung, Tangerang, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.